Sabtu, 25 Desember 2010

permainan tradisional di desa kedungsalam 4

Gatheng
Gateng biasanya terdiri dari 2 orang. Gateng biasanya menggunakan batu yang berjumlah 12 biji selain pakai batu gateng juga menggunakan bola. cara bermain gateng yang pertama adalah batu di sebarkan,lalu bola di lemparkan ke atas. Waktu bola melambung pemain mengambil batu. Jika mengambil batu menyentuh  batu yang lain, berarti yang bermain mati dan harus gantian dengan teman yang satunya.
Gedreg
Bermain gedreg biasanya dilakukan dengan cara berkelompok, 1 kelompok kadang – kadang terdiri dari 1 orang tetapi kadang – kadang juga lebih. Cara bermain gedreg adalah dengan menggambar kotak persegi di tanah sebanyak 7 buah. Lalu pemain melemparkan goco (bekas internit yang sudah rusak) dan di loncati. Jika sudah melemparkan sebanyak 7 buah maka saatnya melempar ke kotak yang paling atas, dan jika goconya (bekas internit yang sudah rusak) jatuh tepat di tengah kotak, maka orang itu mendapat rumah.
Kucing – kucingan
Bermain kucing  - kucingan dilakukan lebih dari 1 orang dengan cara tikus ada di dalam  lingkaran yang terbuat dari pemain yang membentuk lingkaran dan saling berpegangan tangan, dan kucing berada di luar. Nanti kalau kucingnya masuk, tikusnya harus keluar agar  tidak kena. Jika kucingnya sudah menyentuh tikus, maka harus bergantian dengan teman yang lain.


By : risma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar